Wednesday, July 4, 2007

ELECTRICAL : menata sendiri cahaya di rumah anda

ELECTRICAL : menata sendiri cahaya di rumah anda

Bagaimana menciptakan tata cahaya di rumah agar menarik ?
Anda dapat bermain dan menciptakan sendiri dengan berbagai efek cahaya lampu. Tapi sebelumnya anda harus mengerti dahulu tentang jenis-jenis cahaya, tata cahaya serta bagaimana memainkan cahaya di rumah anda.
Benda akan terlihat jelas oleh mata kita karena cahaya. Cahaya dapat bersumber dari alam / matahari di siang hari atau cahaya buatan dari lampu. Ketika kita akan menata cahaya tentu saja antara ruang yang satu dengan ruang yang lain akan berbeda.lampu ruang tamu jelas akan berbeda dengan lampu untuk ruang tidur.
Lampu ditemukan Thomas Alva Edison, semenjak itulah lampu berkembang seiring dengan kebutuhan jaman dan penemuan-penemuan bentuk lampu semakin beragam.
Lampu menerangi ruang.
Lampu yang menerangi ruang disebut general lightinga. Artinya sebagai sumber cahaya yang dapat menerangi seluruh ruang. Sebelum memilih lampu perlu anda pertimbangkan totl kebutuhan listrik di rumah anda.mungkin ada beban peralatan elektronik, lemari es, pendingin ruangan, pemanas air dan lain-lain.
Pertimbangkan juga kekuatan daya terpasang dari PLN di rumah anda apakah sudah mencukupi kebutuhan listrik di rumah anda?
Daya yang terpasang di rumah anda sebagai pembatas beban ketika suatu saat anda menggunakan peralatan listrik melebihi beban maka meteran rumah akan memutus aliran dengan sendirinya sehingga dapat mengamankan peralatan listrik anda dan tentu juga mencegah terjadinya kebakaran.
Gunakan lampu hemat energi.hal ini dimungkinkan karena lampu jenis hemat energi hanya sangat efisien karena kebutuhan listrik/daya yang diserap langsung dihasilkan sinar lampu sesuai dengan daya serap listrik.berbeda dengan lampu jenis bohlam / filament,lampu jenis ini lebih menyerap daya besar tetapi lampu yang dihasilkan tidak seterang lampu hemat energi. Hal ini dimungkinkan karena bohlam lampu energi listrik terserap untuk memanaskan filament lampu baru kemudian berpijar dan menghasilkan cahaya.

No comments: