Wednesday, July 18, 2007

ELECTRICAL : Stop Kontak Di Dinding,sudah berfungsikah Ardenya di rumah anda?

ELECTRICAL : Stop Kontak Di Dinding,sudah berfungsikah Ardenya di rumah anda?

Kadang tanpa sengaja tangan kita menyentuh casing refrigerator / lemari es atau peralatan elektonik lainnya terasa terkena sengatan listrik, begitu pula ketika kita sedang bekerja di depan computer tanpa sengaja tangan kita menyentuh casing CPU, atau akan menghidupkan printer,scanner tangan kita terasa tersengat aliran listrik. Dan ketika anda cek menggunakan testpen dengan menempelkan testpen tersebut ke casing dan ternyata testpen menyala.

Tentu saja ada yang tidak beres dengan peralatan elektronik anda.

Tunggu dulu, jangan buru-buru anda memutuskan bahwa peralatan elektronik maupun perangkat komputer anda bermasalah. Belum tentu casing peralatan tersebut menghantarkan listrik karena ada kerusakan/kebocoran di dalamnya.

Mungkin solusi / cara pengecekan yang saya jabarkan ini ada manfaatnya:

Coba anda putar polalitas steker / jack listrik yang masuk ke dalam stop kontak dengan putaran 180 derajat. Kalau casing tidak lagi terasa ada sengatan listrik / di testpen tidak menyala lagi, berarti permasalahan anda terselesaikan.

Tetapi bagaimana kalau dicek menggunakan testpen masih menyala?

Lepaskan skeker listrik dari stop kontak di dinding. Matikan segera sekering otomatis atau MCB yang ada di meteran. MCB ( Mini Circuit Breaker)

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar anda terhindar dari sengatan listrik ketika anda melakukan pengecekan ataupun perbaikan. Setelah kondisi listrik di rumah anda mati, berarti anda akan aman dalam pekerjaan pengecekan ini.

Buka tutup stop kontak yang menempel di dinding menggunakan obeng, kemudian lepaskan semua komponen rangka stop kontak dari inbow dos dengan mengendorkan kedua sekrup yang berfungsi mencakar stop kontak dengan plastic inbow dos.Perhatikan jumlah kabel yang terpasang di rangka stop kontak….

Menurut Peraturan Umum Instalasi Listrik ( PUIL ) 1977:

Mengenai penggunaan warna untuk identifikasi hantaran listrik berlaku ketentuan-ketentuan di bawah ini : ( pasal 720 )

Untuk hantaran pentanahan / arde hanya boleh menggunakan warna majemuk hijau-kuning. Warna ini tidak boleh digunakan untuk tujuan lain.

Pada instalasi dengan hantaran netral / nol harus menggunakan warna biru. Hanya pada instalasi tanpa hantaran netral / nol warna biru boleh digunakan untuk maksud lain, kecuali untuk menandai hantaran pentanahan / grounding.

Untuk hantaran fasa / hantaran kabel yang mengandung arus listrik ( di cek dengan testpen akan menyala ) warna yang harus digunakan adalah warna hitam.

Ketentuan-ketentuan di atas berlaku untuk semua instalasi pasangan tetap / permanent / tertanam di dalam tembok maupun sementara, termasuk dalam sistem hubung bagi /stop kontak.

Jenis kabel terselubung berurat tunggal ( NYA ) boleh digunakan untuk hantaran fasa / arus dengan warna hitam, hantaran netral/nol menggunakan warna biru dan untuk pentanahan / grounding menggunakan warna kuning

Dengan demikian jelas sekali bahwa sebuah instalasi yang benar akan mengikuti kaidah aturan baku tentang kelistrikan. Dapat disimpulkan di atas bahwa penggunaan kabel untuk instalasi rumah terutama untuk memasang stop kontak menggunakan jenis dan warna kabel:

NYA 2.5mm hitam untuk menghantarkan fasa/arus ( ditestpen menyala )

NYA 2.5mm biru untuk menghantarkan netral / nol

NYA 2.5 mm kuning untuk menghantarkan pentanahan/grounding.

Khusus untuk pentanahan dapat juga menggunakan kabel jenis NYA ukuran 1.5mm.

Kadang ada juga instalasi yang menggunakan kabel terselubung berisi banyak atau biasa orang menyebut kabel jenis NYM (warna putih ) atau NYY warna hitam berisi 3 kabel berurat tunggal dengan tiga warna.tentunya warna juga hitam,biru dan kuning.

Idealnya kabel tunggal warna kuning ini harus terpasang di setiap stop kontak di rumah anda.kabel ini berfungsi sebagai kabel pentanahan/grounding. Kabel ini akan terhubung ke seluruh stop kontak yang ada di dalam rumah kemudian kabel ini kalo ditelusuri akan berakhir / terpasang di fuse box / mcb box untuk gruping.

Kalo anda lihat / buka tutup fuse box ini akan terlihat dengan jelas kabel kuning ini terpasang/dibautkan dengan kabel warna biru/netral/nol dan akan terhubung dengan kawat pentanahan / kawat tembaga yang tertanam masuk kedalam tanah.

Sekilas mungkin anda akan menyimpulkan,berarti kabel kuning/arde dan kabel netral/nol sama fungsinya?

Kalau begitu kawat arde bisa saja dihubungkan langsung dengan kabel biru/netral di tiap-tiap stop kontak ?

Anggapan anda tentu saja salah,kabel arde dan kabel netral terhubung jadi satu hanya dipasang di fuse box / mcb box karena kabel kuning / arde ini menghantarkan arus kejut / listrik liar yng dihasilkan oleh bekerjanya suatu peralatan listrik dan harus tersalurkan untuk dibuang ke pentanahan. Sedangkan kabel hitam / netral / nol harus langsung terhubung dengan listrik dari luar rumah yang terlebih dulu tersambung dengan kawat pentanahan untuk mengantisipasi ketika terjadi petir menyambar akan disalurkan ke pentanahan.
Bagaimana dengan instalasi listrik di rumah anda?

Sudahkah sesuai dengan kaidah instalasi listrik dengan stop kontak yang terpasang arde dengan baik? Mungkin bisa anda minta bantuan kepada tukang instalatir listrik atau BTL ( Balai teknik Listrik) di kota anda untuk mengecek atau memperbaiki instalasi listrik rumah anda.

Sekian

No comments: